Butuh service Kulkas, Mesin Cuci, AC atau instalasi listrik? Hubungi kami di 081392359960

listrik-rumah-bermasalah

8 Tanda Adanya Masalah dengan Kabel Listrik di Rumah

Kerusakan listrik menyebabkan lebih dari 50.000 kebakaran rumah setiap tahun, menurut Yayasan Keselamatan Listrik Internasional. Sebagian besar dari kecelekaaa tersebut sebenarnya dapat dicegah apabila mengetahui bagaimana caranya.

Oleh sebab itu, cobalah kenali beberapa tanda atau gejala listrik rumah bermasalah sehingga bisa segera dilakukan pencegahan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, yang akan kami jelaskan berikut ini.

1. Terlalu banyak kabel ekstensi

Selain estetika, ada alasan mengapa kabel listrik terkubur di dalam dinding. “Sistem pengkabelan yang tidak terganggu akan bekerja kurang lebih selamanya,” kata William Burke, manajer divisi teknik listrik untuk National Fire Protection Association. “Tapi ketika itu terganggu atau diubah, ada potensi masalah.” Menjalankan kabel ekstensi menciptakan titik tambahan di mana kabel dapat tertekuk, korsleting, atau terjepit, yang menyebabkan pemutus tersandung, stopkontak yang rusak, atau bahkan kebakaran. Gunakan kabel ekstensi dengan cermat dan hanya untuk waktu yang singkat. Jika Anda terus-menerus membutuhkan lebih banyak outlet, mintalah penyedia jasa instalasi listrik untuk memasangnya.

2. Lampu meredup atau berkedip-kedip

Karena perlengkapan lampu biasanya hanya menggunakan sedikit daya, peredupan atau kedipan jarang disebabkan oleh masalah pada perlengkapan itu sendiri. Kemungkinan besar masalahnya adalah dengan penggunaan energi seperti peralatan utama atau pemanas ruangan yang terhubung ke sirkuit yang sama. “Peralatan yang panas atau dingin cenderung menarik banyak daya,” kata Burke. Jadi peredupan bisa disebabkan oleh mesin cuci yang menarik arus untuk memanaskan air. Konsultasikan dengan ahli listrik tentang memindahkan lampu ke sirkuit yang berbeda atau memasang saluran khusus untuk peralatan utama.

3. Muncul bau

Sebuah alat baru dapat menghasilkan bau tidak sedap beberapa kali pertama kali dinyalakan. Tetapi jika Anda mendeteksi bau aneh yang berasal dari stopkontak, matikan dan cabut apa pun yang terhubung dengannya. Jangan menggunakannya lagi dan segera hubungi teknisi listrik.

4. Muncul Percikan Listrik

Munculnya percikan listrik tidak pernah menjadi pertanda baik. Bagaimana Anda menghadapinya tergantung dari mana asalnya. Jika panel pemutus, kotak sekering, atau stopkontak menyala, hubungi teknisi listrik secepatnya. Tetapi jika perciksn terjadi pada elektronik yang digunakan, itu dapat berarti bahwa barang elektronik itu sendiri yang rusak, dan dalam hal ini Anda harus menghubungi petugas perbaikan resmi atau tidak resmi.

5. Outlet panas atau pelat sakelar

Arus listrik dapat membuat pelat sakelar atau stopkontak sedikit hangat saat disentuh. Tetapi jika stopkontak menjadi terlalu panas, matikan apa pun yang dicolokkan dan coba di stopkontak lain. Jika stopkontak menjadi panas bahkan tanpa apa pun yang dicolokkan, mungkin kabelnya bermasalah, dan segera lakukan konsultasi dengan teknisi.

6. Sekering yang sering putus atau sering jegleg/anjlok.

Pemutus sirkuit dan sekering dirancang untuk jegleg/anjlok sebagai cara untuk mencegah kelebihan beban. Jika penyedot debu atau pengering rambut secara rutin memicu pemutus arus di mana pun Anda menyambungkannya, kemungkinan besar penyebabnya adalah peralatan tersebut. Tetapi jika menggunakan satu stopkontak menyebabkan Anda sekring yang sama putus berulang kali, sirkuit mungkin kelebihan beban. Hubungi profesional untuk mendiskusikan peningkatan sirkuit atau menambahkan saluran baru.

7. Berdengung

Ketika semuanya berjalan dengan baik, tidak ada bunyi apapun yang keluar dari arus listrik, dan umumnya listrik mengalir dengan lancar dan tenang di antara sambungan. Tetapi cabang yang longgar, outlet atau kabel yang berjumbai semuanya dapat menyebabkan arus melompat, menghasilkan suara mendengung dalam prosesnya. Jika Anda yakin ada suara yang berasal dari stopkontak, hentikan penggunaannya dan hubungi teknisi listrik.

8. Outlet yang salah di dapur atau kamar mandi

Karena air merupakan konduktor listrik yang sangat baik, dapur dan kamar mandi keduanya memerlukan outlet tahan goncangan khusus yang disebut ground fault circuit interrupters (GFCI). GFCI biasanya memiliki dua tombol kecil di tengah. Jika outlet di dapur atau outlet kamar mandi Anda terlihat tidak berbeda dengan yang ada di ruang keluarga atau kamar tidur Anda, tukar dengan GFCI untuk menambahkan lapisan tambahan perlindungan kejutan di sekitar air.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Telepon Kami